KEGIATAN PRAMUKA - TELUSUR PANTAI DAN OBSERVASI MANGROVE


Telusur Pantai dan Observasi Mangrove merupakan sebuah tajuk dari kegiatan atau program yang dilaksanakan oleh Pasukan Inti Pramuka SMP Swasta An Nizam. Kegiatan ini dilaksanakan di pantai Mangrove yang berlokasi di kampung Nipah, Serdang Bedagai. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 16 desember 2023.


Berdasarkan tajuk kegiatan yaitu telusur pantai dan observasi Mangrove, seluruh anggota Pasukan Inti menelusuri setiap sisi pantai, dan melakukan pembersihan seperti memungut sampah yang terdapat di pantai tersebut. Hal ini bertujun untuk menjaga kebersihan serta kelestarian pantai. Selain itu, Pasukan Inti juga melakukan observasi atau mengamati pohon Mangrove berdasarkan bentuk, jenis dan manfaatnya sebelum pada akhirnya pohon Mangrove tersebut ditanam di tempat-tempat perairan.

Bapak Robin Ginting, M.Pd., selaku kepala sekolah SMP Swasta An Nizam, memberikan bimbingan serta arahan kepada seluruh pasukan inti tentang mengapa dan bagaimana cara menanam pohon mangrove. "Dengan kita menanam pohon yang kita sebut sebagai pohon mangrove ini, kita dapat membantu ekosistem lingkungan sekitar pantai dengan manfaat yang dimiliki oleh pohon tersebut. Adapun salah satu kegunaan atau manfaat dari pohon mangrove ini dapat dijadikan sebagai penahan abrasi pantai, amukan angin topan serta tsunami, penyerapan limbah, penyerap CO2 seta penghasil O2 yang relatif besar dibanding pohon lain. Selain itu, pohon mangrove juga dapat menyerap air sebagai salah satu antisipasi air naik ke daerah pemukiman warga.", ujar bapak Robin Ginting memaparkan tentang manfaat pohon mangrove.

Kegiatan Telusur Pantai ini sangat memicu semangat dan kekompakan dari Pasukan Inti SMP Swasta An Nizam, terlihat dari antusias mereka dalam melaksanakan setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan penuh semangat. "Kegiatannya keren dan seru sekali." Ujar Nabila, anggota Pasukan Inti. 

Ahmad Sauqi, selaku  Pimpinan Regu Utama Pramuka SMP Swasta An Nizam mengungkapkan rasa bahagianya saat ditanya mengenai kegiatan yang PI yang dilaksanakan di pantai mangrove tersebut. "Kegiatannya itu seru. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dan ada sebagian kegiatan yang mendasarkan Dasa Darma (atau bisa di sebut Dasa Dharma moral dalam pramuka ) contohnya mengutip sampah itu termasuk dalam Dasa Dharma ke 2 cinta alam dan kasih sayang sesama manusia  lalu di sela  kegiatan pasti di utamakan sholat yang termasuk Dasa Dharma ke 1 taqwa kepada Tuhan yang maha esa lalu di sana juga kita di anjurkan oleh pembina untuk menegur setiap pengunjung. Nah itu bisa jadi contoh Dasa Dharma ke 3 patriot sopan dan kesatria. Lalu di sana kita juga mengikuti jadwal yang ada, mulai dari jadwal makan siang, game, jadwal telusur pantai hingga  pulang pun juga menjadi contoh Dasa Dharma yang ke 8 disiplin, berani dan setia (disiplin).




2 komentar: