Simulasi Penanganan Kebakaran Sebagai Mitigasi Dini Menghadapi Resiko Kebakaran



 Medan, Sabtu 11 September 2021 


 

Kebakaran merupakan salah satu peristiwa bencana yang tidak diharapkan dan seringkali tidak terkendali. Daerah perkotaan (terutama kawasan dengan permukiman padat penduduk) merupakan daerah yang rentan terhadap terjadinya bencana kebakaran. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Medan, kebakaran yang terjadi di Kota Medan selama tiga tahun terakhir menyebabkan kerugian mencapai puluhan miliar lebih. Di Provinsi DKI Jakarta, bencana kebakaran yang terjadi bahkan mencapai angka rata-rata 800 kasus per tahun atau sekitar 67 kasus per bulan. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa masalah kebakaran di perkotaan perlu mendapat perhatian serius, terutama dalam hal pencegahan dan penanggulangannya.

 

Kegiatan simulasi penanganan kebakaran dilakukan sebagai salah satu bentuk mitigasi risiko terjadinya bencana di lingkungan rumah tangga. Selain menjadi langkah mitigasi risiko, kegiatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian dari upaya mengenalkan kepada siswa cara penanggulangan kebakaran yang terjadi dirumah tangga. 

Sebelum dilaksanakannya sosialisasi dan simulasi, Bapak Robin Ginting, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Swasta An-Nizam membuka acara dengan menyampaikan sambutannya kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Beliau menegaskan kembali bahwa risiko akan terjadinya kebakaran akan selalu ada dan mengintai. dan hal yang utama yang harus di hindarkan ketika terjadi musibah kebakaran adalah JANGAN PANIK,  Hal ini memang terasa sederhana namun memiliki dampak risiko yang tinggi akan terjadinya bencana kebakaran.

 


Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang Bapak Rahmad Santoso, SH  selaku narasumber dari Relawan Nusantara Medan. Sebelum memberikan simulasi penanganan kebakaran kepada siswa, Beliau  menyampaikan pemahaman sekilas atas risiko kebakaran, sumber terjadinya kebakaran, dan teknik/metode yang bisa digunakan saat kebakaran terjadi.



 Anak anak begitu senang dan antusias mengikuti acara  yang dilakukan dan mereka bangga menjadi bagian tim Pelajar Siaga Bencana yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu. 




1 komentar:

  1. Mantap, keren, trus berkarya.
    SMP Islam Annizam
    Unggul, tangguh, islami.

    BalasHapus