TAKJIL ON THE ROAD DAN IFTHAR JAMA'I SMP SWASTA AN NIZAM


Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia. Hal ini dikarenakan, setiap ummat muslim berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dan setiap perbuatan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Hal ini tidak luput dari rasa ikhlas serta rasa harap atas ridha Allah SWT. 

Takjil on the Road atau kegiatan berbagi takjil merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS SMP Swasta An Nizam. Takjil on the Road dilaksanakan pada hari senin, tanggal 04 april 2023 di SMP Swasta An Nizam. Hal ini didukung oleh langsung kepala sekolah, bapak Robin Ginting, M.Pd., dan bapak pembina sekaligus wakil kepala bagian kesiswaan, bapak Saiful Akhyar, SH.I.  Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli siswa/i SMP Swasta An Nizam dalam hal berbagi kepada sesama. Adapun jumlah takjil yang dibagikan berkisar 150 kotak dan langsung diberikan kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan SMP Swasta An Nizam. 


Tahukah kamu? Apa sih keutamaan dari berbagi makanan/takjil untuk orang yang berpuasa? 

Jadi, ada beberapa keutamaan yang dapat diperoleh, yaitu:

  1. Pahalanya setara dengan orang yang berpuasa
  2. Diampuni dosa-dosanya
  3. Dijanjikan surga
  4. Turut didoakan oleh malaikat
  5. Termasuk bagian dari sedekah.

"Rasulullah SAW. bersabda: sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api" (Hr. Imam Tirmidzi)

Selain kegiatan berbagi takjil, juga mengadakan Ifthar Jama'i. Menunggu waktu berbuka dengan duduk bersama di atas tikar dengan hidangan yang telah tersedia. 

Setelah selesai berbuka puasa, maka pengurus OSIS SMP Swasta An Nizam bersama para guru segera bergegas untuk sholat maghrib berjamaah dan kemudian pulang kembali ke rumah masing-masing.

Semoga kegiatan ini semakin menambah semangat dan meotivasi siswa/i SMP Swasta An Nizam untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. 



1 komentar:

  1. Tambahkan hadits keutamaan memberi makan orang yang berbuka puasa min

    BalasHapus