Apel Pagi Sarana Motivasi dan Silaturahim Guru SMP Swasta An-Nizam


 Medan, 24 Mei 2023

 


 

Banyak pertanyaan terkait manfaat pelaksanaan apel pagi, salah satu dari pertanyaan itu adalah apa sih manfaat dari pelaksanaan apel pagi yang rutin dilakukan oleh guru dan staff pegawai SMP Swasta An-Nizam, adakah dampak yang positif yang bisa dipetik oleh para guru dan staff untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Sebagaimana lainnya pelaksanaan apel pagi yang dilakukan secara rutin di masing-masing kantor tentu saja memiliki manfaat bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya. Dalam apel yang berlangsung selain sebagai sarana bagi pimpinan atau atasan untuk memberikan pembinaan, arahan dan melakukan pengawasan, di apel pagi juga akan disampaikan banyak informasi terkait pelaksanaan program dan kegiatan.  Melalui apel pagi pimpinan atau atasan akan menyampaikan berbagai informasi penting terkait pelaksanasn program dan kegiatan yang ada di instansinya.

Apel pagi juga menjadi wahana yang tepat bagi pimpinan untuk mensuport bawahan atau staf yang ada dilingkupnya untuk tetap memiliki semangat kerja, loyalitas, integritas, produktivitas, moral kerja dan lainnya yang dibutuhkan organisasi kerja yang memungkinkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pegawai sebagai komponen pendukung dalam berbagai program sekolah dan kegiatan organisasi kerja sehingga dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan bersama.


 

Berikutnya apel pagi juga dapat menjadi wahana yang baik pula bagi pimpinan untuk menyampaikan apresiasi kepada bawahan atau stafnya yang dirasa telah memberikan andil atau dukungan atas pelaksanaan berbagai program dan kegiatan di kantor-nya sehingga dengan andil atau dukungan tersebut membuat program atau kegiatan dapat berjalan sesuai rencana.

Lalu kemudian mengapa apel pagi harus dilakukan secara rutin, hal ini dilaksanakan dengan melihat berbagai perkembangan yang ada dilapangan bahwa perubahan arus informasi terkait pelaksanaan pekerjaan terus berubah dengan cepat sehingga dipandang perlu melalui apel pagi informasi yang berubah secara cepat tersebut harus tersampaikan dengan cepat pula sehingga setiap guru dan staff yang ada dengan segera dapat menyesuaikan diri dengan cepat dengan perubahan yang terjadi.

Kepala sekolah bapak Robin Ginting, M.Pd menyampaikan Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari apel pagi yang berlangsung setiap pagi selain sarana silatuharim juga sarana melatih guru tampil di depan kawan-kawan dengan memberikan tausiah/motivasi. juga sebagai sarana mendatangkan keberkahan karena di awali dengan lantunan ayat suci Alquran dan di akhiri dengan merojaah hafalan secara bersama-sama. semoga kebaikan ini bisa tetap dijalankan dengan istiqomah. Aamiin. 

menurut bu Fitriani guru olah raga SMP Swasta An-Nizam kegiatan Apel pagi ini sangat bermanfaat terutama kepada dirinya sendiri, karena ketika mendapatkan tugas menyampaikan tausiah saya pada awalnya sangat takut, namun karena sudah menjadi program sekolah saya harus ikuti, maka  malamnya saya belajar dan melihat contoh contoh tausiah dari youtube dan akhirnya sekarang saya lebih percaya diri kalau mendapatkan tugas, tambahnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar