"OSIS MENYAPA"


 


 Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran dalam pembentukan karakter generasi bangsa. Untuk itu Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi menggagas Program Pelajar Pancasila yang terdiri atas enam elemen yaitu; 1) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Masa Esa dan berakhlak mulia, 2) Berkebhinnekaan global, 3) bergotong royong, 4) Mandiri, 5) Kreatif, dan 6) bernalar kritis.


Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh OSIS SMP Swasta An-Nizam dalam mengimplementasikan elemen profil pelajar Pancasila khususnya pada unsur berkhlak mulia, sebagai program baru yang di berikan Kepala Sekolah kepada pengurus OSIS yang baru. dalam hal ini  guru piket melakukan pembiasaan dan keteladanan dalam kegiatan Salam Pagi Menyambut kedatanga siswa di Sekolah yang kali ini juga diamanahkan kepada Pengurus OSIS yang baru dilantik di bulan Desember 2022 lalu. setiap harinya pengurus OSIS yang bertugas bergantian sesuai dengan bidang masing masing. 




Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa dengan bertegur sapa dengan teman-teman mereka dan untuk menghilangkan buliyying serta mengajari cara berorganisasi. Keteladanan Kepala Sekolah bersama guru tentang akhlak mulia dan kedisiplinan datang tepat waktu di sekolah juga dilakukan dengan kegiatan Apel Pagi. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari oleh Kepala Sekolah bersama guru piket yang telah dijadwalkan. Mereka menyambut kedatangan siswa di pintu gerbang sekolah dengan saling memberi ucapan salam.


Selain itu Kepala Sekolah bersama guru piket memberikan kata-kata motivasi dan teguran bagi siswa yang melakukan tindakan indisipliner bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah pada hari itu, dengan memberikan pembinaan yang sifanya mendidik dan bermanfaat baik pada pribadi siswa itu sendiri maupun sekolah.


Manfaat yang tidak kalah pentingnya yang dapat dipetik dalam kegiatan ini sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa "Jika dua orang bertemu kemudian saling berjabat tangan dan memuji ALLAh serta meminta ampun kepadaNya, maka keduanya akan diberi ampunan" (HR Abu Daud No 4535)


Hasil yang diharapkan dari program ini adalah menumbuhkan profil siswa yang berakhlak mulia ditunjukkan dengan sikap hormat siswa terhadap orang lain terutama pada guru maupun orang tua dengan melakukan senyum, salam, sapa, dan berjabat tangan serta disiplin.



Dengan senyum, salam, dan sapa yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan dalam menyambut kedatangan siswa di sekolah akan menciptakan suasana yang penuh kedekatan dan keakraban antar semua warga sekolah diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusip di lingkungan SMP Swasta An-Nizam.

 

2 komentar:

  1. Ayook, sekolah di smp islam Annizam. ....

    BalasHapus
  2. SMP SWASTA AN-NIZAM is the best 👍👌

    BalasHapus