OIF GO TO SMP SWASTA AN NIZAM


Telah dilaksanakan kegiatan membaca melalui program OIF Goes To School o;eh Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) di SMP An-Nizam. Adapun kegiatan ini  dilaksanakan pada hari kamis, 12 Januari 2023 di halaman depan Perguruan Swasta An Nizam.  Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan astronomi kepada para pelajar, memberikan edukasi melalui perpustakaan berjalan milik OIF UMSU, serta terdapat beberapa instrumen yang dipertunjukkan, seperti Teleskop, spot berfoto Astronot, mengamati Matahari menggunakan Kacamata Matahari, Kamera Obscura, dll.

Hal ini disambut dengan apresiasi oleh Kepala Sekolah SMP Swasta An-Nizam, Robin Ginting, M.Pd. yang juga menyampaikan bahwa kegiatan ini berhubungan dengan materi yang dipelajari oleh para siswa/i SMP tingkat VIII yaitu mengenai materi astronomi.



"Maka kami sangat mengapresiasi, bisa menghemat waktu juga. Selain kami bisa langsung berkunjung ke kampus tersebut, ternyata terdapat program keliling seperti ini. Maka mudah-mudahan siswa/i kami dapat memaksimalkan pembelajaran di kelas-kelas yang lalu langsung melihat benda astronomi yang digunakan." ucap bapak Robin Ginting, M.Pd.

Pengertian Ilmu Falak

ilmu falak adalah ilmu yang mempelajari lintasan benda langit, khususnya bumi, bulan, dan matahari. Masyarakat umum lebih mengenalnya dengan ilmu astronomi. Ilmu ini mengkaji setiap yang berkaitan dengan benda-benda langit.

Fungsi Ilmu Falak Dalam Islam

Ilmu falak memiliki peran dan kedudukan yang penting, khususnya dalam Islam. Adapun fungsi serta peran ilmu falak dalam Islam, yaitu:

1. Ilmu falak untuk menentukan arah kiblat;

2. Ilmu falak untuk menentukan waktu sholat;

3. Ilmu falak untuk menentukan awal bulan qamariah;

4. Ilmu falak untuk memperhitungkan terjadinya gerhana.





Selain, fungsi serta peran dari ilmu falak tersendiri, keantusiasan siswa/i kelas VIII SMP Swasta An Nizam sangat terlihat saat turut menggunakan alat-alat perlengkapan untuk melihat matahari seperti kacamata, teleskop, dan juga mengabadikan momen dengan spot berfoto astronot. Selain itu, siswa/i juga sangat tertarik ketika membaca buku-buku seputar benda-benda langit. Kayla Ayudia, siswi kelas VIII Ahmad Dahlan SMP Swasta An Nizam juga mengungkapkan rasa senangnya, "Saya sangat senang sekali karena OIF UMSU datang ke sekolah dalam program ini, karena ini cukup membantu kami semua terutama dalam hal belajar terkait astronomi. Kami tidak hanya belajar teori, tetapi juga langsung praktek. Selain itu, kami juga dapat bertanya secara langsung mengenai apa yang kami tidak ketahui terkait alam semesta".





Tidak ada komentar:

Posting Komentar