Pelatihan Leadirship Siswa SMP Swasta An-Nizam


 Medan, Januari 2022 

Salah satu program SMP Swasta An-Nizam adalah latihan kepemimpinan siswa. ditambah lagi SMP Swasta An-Nizam adalah  Sekolah Penggerak.  Program ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong siswa agar memiliki kemampuan memimpin yang baik dan berkualitas. 

Untuk menambah suasana yang menyenangkan bagi peserta pelatihan kegiatan dilaksanakan di  Tempark Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. 

Bagi kamu yang ingin mengikuti program ini berarti harus memilih sekolah yang mengadakan pelatihan ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan latihan kepemimpinan siswa beserta manfaatnya.


 

Latihan kepemimpinan siswa merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin sekaligus mewujudkan terbentuknya Profil Pelajar Pancasila, kata kepala Sekolah bapak Robin Ginting, M.Pd ketika menyampaikan sambutan. 

Kemudian pak Wahyudi, selaku motivator dan trainer leadershif menyampaikan  Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat. Inilah beberapa manfaat yang dari diadakannya pelatihan tersebut.



 

  1. Membentuk Karakter dan Skill

Manfaat diadakan pelatihan ini yaitu bertujuan untuk membentuk karakter dan juga skill. Semakin dini kamu mengikuti pelatihan ini maka karakter yang dimiliki akan semakin kuat dan semakin banyak skill yang dikuasai.  Seseorang yang masih berusia anak-anak memiliki daya tangkap yang sangat tinggi serta otaknya bisa menyerap banyak hal melalui pengalaman.

Jelas akan sangat berbahaya apabila siswa menyerap hal-hal negatif dan tidak membangun. Oleh karena itu, sekolah sebagai institusi harus mempersiapkan pengalaman yang bermanfaat bagi siswa, seperti mengadakan pelatihan leadership.

  1. Membangun Kepercayaan Diri

Konsep tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu membangun kepercayaan diri. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang yang kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Karena kurang percaya diri inilah kemudian tidak mau memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Tentu ini merupakan sebuah kerugian karena tidak bisa mengembangkan kemampuan tersebut.

Solusi dari permasalahan ini adalah kamu harus mengikuti pelatihan leadership sejak dini. Seseorang tidak pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Sekolah yang mengadakan acara ini akan melatih kepercayaan diri dan keberanian siswa dalam memimpin.  Semakin sering memimpin berarti akan terbiasa untuk memegang kendali. Sosok seperti inilah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin masa depan.

  1. Belajar Berorganisasi

Organisasi merupakan sarana yang paling tepat untuk melatih kepemimpinan. Maka dari itu, sekolah sebagai institusi pendidikan harus mempersiapkan sarana atau wadah bagi siswa supaya bisa berorganisasi.

Ketika berada di bangku Sekolah, kamu bisa belajar berorganisasi melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), MPK dan Rohis.  

Siswa yang saat masih sekolah rajin mengikuti suatu organisasi, kualitasnya akan terlihat. Selain itu mental yang dimiliki semakin kuat dan teruji sehingga tidak mudah menyerah.

Semua pengalaman yang didapatkan saat mengikuti organisasi akan dipraktekkan secara langsung ketika sudah bekerja. Contohnya seperti kerjasama tim (teamwork).

  1. Menantang Diri untuk Terus Berkembang 

Ketika kamu mengikuti sebuah organisasi berarti akan mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga. Salah satu pengalaman tersebut seperti bekerjasama dengan sebuah tim.

Kerjasama tim (teamwork) bukan sesuatu yang mudah karena di dalamnya terdapat banyak anggota dengan karakter yang berbeda-beda. Dimana masing-masing individu memiliki pendapat dan ide masing-masing.

Mempertahankan pendapat dan ide yang dimiliki dengan cara yang benar dan menerima setiap perbedaan merupakan salah satu pengalaman yang akan diperoleh dari organisasi kepemimpinan.

Menantang diri untuk terus berkembang dan keluar dari zona nyaman merupakan sebuah tantangan yang bisa diperoleh dalam organisasi tersebut. 

  1. Memupuk Calon Pemimpin Masa Depan

Semua organisasi pasti membutuhkan regenerasi, terutama pemimpin. Maka dari itu, tidak boleh bergantung dengan satu sosok pemimpin saja sehingga calon pemimpin baru harus segera dipersiapkan.

Untuk memilih calon pemimpin bukan sesuatu yang mudah karena semua kualifikasi yang ditentukan harus dipenuhi.

Salah satu cara supaya regenerasi pemimpin mudah dilakukan berarti harus mengadakan pelatihan kepemimpinan.

Hal ini dikarenakan pelatihan tersebut bisa menjadi wadah untuk mencetak calon-calon pemimpin masa depan yang sudah siap menggantikan posisi pemimpin sebelumnya. 

Kegiatan pelatihan Leadershif di ketua oleh pak Saiful Ahyar, S.HI selaku Pembina OSIS SMP Swasta An-Nizam dan di dampingi oleh guru-guru SMP Swasta An-Nizam.

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar