Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui kegiatan Semalam Bersama Al-Quran


An-Nizam, 25 Februari 2023  

 

Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa.

Secara umum MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah salah satu di antara sarana pendidikan islam atau tarbiyah islamiyah dalam rangka membina jiwa seorang muslim agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual (fikriyah), sehat secara jasmani (jasadiyah), tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah SWT.

 

Sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman, maka SMP Swasata An-Nizam mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Iman dan Taqwa. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan program Bulanan sehari bersama Al-Qur'an.

Dalam sambutan kepala sekolah bapak Robin Ginting, M.Pd  beliau menyampaikan adapun tujuan Kegiatan ini adalah membekali siwa siswi dalam penguatan dan pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila  dalam hal keimanan dan ketaqwaan serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat pada umumnya.



 

 Kegiatan meliputi :

  1. Tadarus Al-Qur'an
  2. Ibadah Sholat wajib
  3. Kultum
  4. Sidang Munaqhosoh
  5. Setor hafalan sesuai target 
  6. Qiamul Lail dan Muhasabah
  7. Senam 


 Kegiatan ini sepenuhnya dibimbing oleh guru-guru dan wali kelas, waktu pelaksanaannya adalah hari Sabtu 25 Februari 2023   jam 16.00 WIB sampai dengan Ahad 26 Februari 2023  jam 08.00 WIB. Peserta yang hadir merupakan seluruh siswa kelas VII.  Kegiatan penutupan dilaksanakan setelah sarapan bersama. (arg)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar