Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke- 76 (Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh)


Medan, 17 Agustus 2021. SMP Swasta Annizam Menggelar Upacara dengan Tetap Memenuhi Prokes 

Dengan tema Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh  

 

Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang memetik pembelajaran dari spirit dan teladan para pendiri bangsa, yang telah mewariskan spirit kebersamaan, gotong royong, gigih berjuang, ketangguhan, dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai cita-cita kemerdekaan, serta upaya membangun kemandirian dalam menggapai kehidupan yang lebih baik di tengah keterbatasan dan rintangan yang dihadapi. Semua ini dapat menjadi modal bangsa dalam mengakselerasi kebangkitan untuk Indonesia Maju. Kini dengan perjalanan panjang kemerdekaan Indonesia, spirit bangkit untuk masa depan yang lebih baik dalam menggapai Indonesia Maju, harus dapat menjadi shared vision yang melandasi setiap derap langkah dan tindakan seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi segala rintangan dan tantangan keberlanjutan pembangunan, terlebih di tengah kondisi global yang masih kurang menguntungkan akibat pandemi covid-19. 

Dalam amanat yang disampaikan oleh bapak Robin Ginting, M.Pd selaku inspektur upacara beliau menyampaikan kemerdekaan butuh perjuangan dan sebagai pendidik kita harus lebih giat lagi meningkatkan kafasitas kita terlebih di masa pembelajaran daring seperti saat ini.  makna dari Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh tidak terlepas dari peran kita sebagai pendidik, terlebih sekolah kita sudah dimanahkan sebagai sekolah penggerak yang memiliki tujuan menghadirkan profil pelajar pancasila yang meliputi 6 aspek:1). Beriman dan Bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia 2). Berbinekaan yang global 3). Gotong Royong 4). Mandiri 5). Berfikir kritis dan 6). Kreatifitas tambah beliau dalam amanatnya.

  

Suasana upacara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun biasanya, dimana kali ini upacara dilaksanakan secara kombinasi yaitu guru -guru kesekolah dengan prokes sementara siswa mengikuti di rumah dengan link zoom yang dibagikan.

Indonesia Maju sejatinya merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, makna kemerdekaan tahun ini bukan hanya sebagai kata, tetapi sesungguhnya sebagai kesempatan bagi segenap anak bangsa. Perkembangan situasi global yang kurang menguntungkan akibat dampak pandemi covid-19 hendaknya dapat menjadikan kita semakin bersatu dalam keberagaman, gotong royong, tangguh dalam menghadapi tantangan, mendorong kecepatan, mentranformasikan Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh dengan dukungan akselerasi transformasi digital guna bangkit untuk Indonesia Maju. Bangkit untuk Indonesia Maju yang menjadi tujuan kita bersama sudah barang tentu membutuhkan lompatan besar, utamanya dalam mendukung akselerasi serta upaya sungguh-sungguh dalam terus meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan segenap komponen bangsa ini. 
 
Dirgahayu ke-76 tahun Negeriku, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jayalah selalu Indonesiaku. Tetap patuhi protokoler kesehatan untuk Indonesia makin maju, merdeka dan bebas dari jajahan wabah pandemi Covid-19.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar