Wisuda Tahfiz SMP Islam An-Nizam kali ini Berkesan Banget


 Medan, 11 Juni 2021 SMP Islam An-Nizam Mengadakan Wisuda Tahfiz Al-qur'an 


Untuk melahirkan generasi yang qur'ani maka SMP Islam An-Nizam berusaha melaksanakan dengan sungguh-sungguh program kegiatan tahfidz. Tahfidz atau menghafal Al-Qur’an adalah suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah Saw dengan cara menghafal diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagiannya. 

Dalam kegiatan tahfidz ini Tim Guru Tahfidz dibawah koordinasi Kepala Sekolah SMP Islam An-Nizam Bapak Robin Ginting, M.Pd selama 3 tahun terus menerus  mengupayakan membimbing dan memotivasi anak agar mampu mengejar target hafalan minimal juz 30. 
 

 
 

 
Banyak orang beranggapan bahwa menghafal Al Qur’an bisa menjadi beban, padahal sebenarnya menghafal Al Qur’an memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah dapat meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah. Menghafal Al Qur’an atau biasa dikenal dengan tahfidz memiliki dua hal yang harus dipenuhi, yakni hafal dalam ingatan dan bisa mengucapkannya kembali diluar kepala tanpa membaca Al Qur’an atau catatan lain.

Anak yang terbiasa dalam menghafal Al Quran, secara tidak langsung dia akan lebih bisa berdisiplin dan mengatur waktu. Anak akan belajar keseriusan dalam menjalani hidup. Menghafal Al Quran mempunyai pengaruh yang baik dalam pengembangan ketrampilan dasar siswa sehingga bisa meningkatkan prestasi akademik mereka.

Dalam kegiatan Wisuda Tahfidz yang diselenggarakan pada Jum'at (11/6), SMP Islam An-Nizam  berhasil mewisuda 22 siswa yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya akibat pembelajaran 1tahun  lebih secara daring sehingga berpengaruh terhadap semangat siswa menghafal.   

 

Kepala SMP Islam An-Nizam bapak Robin Ginting, M.Pd menyampaikan selamat kepada anak-anak yang berhasil diwisuda. “Sangat bangga pada kegiatan tahfidz ini. Dan semoga ananda yang sudah diwisuda terus dapat menambah hafalannya serta menjaganya  begitu juga kedepannya akan semakin banyak siswa yang berhasil menghafal Al Qur’an sesuai target,” ujarnya. 

Kemudian beliau juga menyatakan ketika siswa siswi melantunkan lagu aku ingin menjadi hafiz qur'an dan lagu Syakona mata saya berkaca-kaca dan terharu, tambahnya. 

Dalam kesempatan ini acara diisi tausiah oleh ustadz Umar Muchtar Siregar, LC, MA, beliau menyampaikan fadhilah dari menghafal qur'an dan Allah akan menjaga serta memberi kesuksesan kepada orang-orang yang menghafal Al-qur'an. Beliau juga mengajak untuk mendukung program-program tahfiz  yang ada manasaja terutama untuk warga Medan direkomendasikan untuk Masuk ke SMP Islam An-Nizam. 

Sebagai bentuk kepedulian SMP Islam an-Nizam maka di acara Wisuda tersebut memberikan donasi kepada warga palestina melalui KNRP Sumut yang diserahkan langsung kepada Ketua KNRP Sumut ustadz Umar Muchtar, Lc, MA


Semoga wisuda tahun depan dapat terlaksana berbarengan dengan acara tasyakuran kelas IX yang menyelesaikan pendidikannya dan lebih ramai lagi serta lebih berkesan dan bermakna, imbuh ketua panitia Syaiful Akhyar, S.HI (rah)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar