Pustakawan SMP Swasta An-Nizam juara 1 Sekota Medan


Medan, 2 November 2019
Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan minat baca

Apakah yg terpikir di benak kita ketika mendengar kata di perpustakaan???


Menurut kamus besar bahasa indonesia perputakaan adalah tempat, gedung yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya. Dapat juga diartikan koleksi buku, majalah dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari dan dibicarakan.
Perpustakaan adalah suatu unit kerja atau lembaga tertentu yang mengelola bahan pustaka baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku (non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya (Bafadal,

Perpustakaan adalah suatu kesatuan unit kerja yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian pengembangan koleksi, bagian pengolahan koleksi, bagian pelayanan pengguna dan bagian pemeliharaan sarana dan prasarana (Rahyuningsih, 2007:1). Berbagai unsur terlibat dalam pengelolaan perpustakaan, antara lain sumber daya manusia, pengguna, sarana prasarana, berbagai fasilitas pendukung dan yang terpenting adalah koleksi yang disusun berdasarkan system tertentu.

Untuk meningkatkan minat baca maka koordinator pendidikan AnNizam (Dr. H.Hasnan Syarief P, M.Pd segera membenahi perpustakaan dengan  memberikan pelatihan pustakawan yaitu Sarah br Takar. Dan Alhamdulillah SMP AnNizam di nyatakan terbaik pertama sekola medan  dalam even baru baru ini yang di selenggarakan oleh dinas pendidikan dan perpustakaan daerah  Sumut. 

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum (Robin Ginting, M.Pd)
 juga menambahkan bahwa program literasi terus di galakkan dalam rangka menumbuhkan minat baca para siswa, bahkan sudah terjadwal setiap bulan diadakan lomba meresensi buku dan pemenang diberi hadiah. 
Sehingga dayung bersambutlah antara program dan sarana prasarana penunjang minat baca ,tambahnya. ARG


1 komentar: