Cintai Lingkungan, Siswa SMP An Nizam Tanam Pohon Mangrove

MEDAN (Waspada): Menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan kepada siswanya SMP An Nizam melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove di ekowisata Mangrove Sei Nipah, Kabupaten Sedang Bedagai, Minggu (6/10)

Cintai Lingkungan, Siswa SMP An Nizam Tanam Pohon Mangrove
Rombongan siswa SMP An Nizam berfose bersama usai melakukan penanaman pohon kawasan wisata mangrove di Desa Nipah, Kabupaten Serdang Bedagai,Minggu (6/10) Waspada/ist
    Wakil Kepala sekolah bidang Kesiswa SMP An Nizam Saiful Akyar S.HI didampingi guru pembimbing Robin Ginting, M.Pd (wakil kepala Sekolah Bidang Kurikulum) mengatakan, kegiatan dimulai sejak Sabtu (5/10), di mana anak-anak melaksanakan kegiatan semalam bersama Alquran di perguruan An Nizam Jalan Tuba II, Medan Denai.

    Keesokan harinya Minggu (6/10) rombongan siswa yang berjumlah 50 orang ditambah 5 guru pendamping berangkat menuju Sei Nipah, Kabupaten Sergai untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove dan kegiatan kepramukaan.
    Dalam kegiatan itu siswa SMP An Nizam dibimbing  guru Biologi serta didampingi pihak ekowisata mangrove, diberikan pembelajaran atau edukasi manggrove seputar fungsi mangrove bagi lingkungan sekitar pantai.
    Menurutnya pohon mangrove tersebut secara ekologis bisa sebagai tempat biota laut mencari makan dan berkembang biak, selain itu juga untuk mencegah terjadinya abrasi pantai, sedang secara ekononomis fungsi mangrove bisa sebagai sumber pangan bagi masyarakat sekitar pantai seperti dodol, keripik dll. Juga tak ketinggalan fungsi mangrove juga sebagai ekowisata dan edukasi.
    Ketua Yayasan Pendidikan An Nizam Ir. H Ali Umar menyambut baik sekaligus mendukung penuh kegiatan penanaman pohon mangrove yang dilakukan siswa SMP An Nizam.
Menurutnya ini merupakan salah satu bentuk usaha pengembangan kurikulum bagi setiap guru, sehingga para siswa memiliki kompetensi. Selain itu menurutnya kegiatan ini juga dapat mempertajam tugas dan fungsi guru sebagai tenaga pendidik.
    Sementara itu Kordinator Pendidikan An Nizam Dr. H.Hasnan Syarief Panggabean, M.Pd mengatakan ini merupakan kegiatan yang sudah terprogram dan terjadwal dengan tujuan untuk menambah wawasan serta menanamkan rasa peduli para peserta didik untuk mencintai lingkungan.
    Hal ini menurutnya juga  terdapat dalam Alquran yang menyebutkan bahwa terjadinya kerusakan di bumi dan di laut adalah akibat ulah tangan anak manusia. Karena itu dengan adanya kegiatan penanaman pohon mangrove ini diharapkan dapat menyampaikan pesan-pesan agar para siswa dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran untuk menjaga lingkungannya.

“Karena itu dengan adanya kegiatan penanaman pohon mangrove ini diharapkan dapat menyampaikan pesan agar para siswa dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran untuk menjaga lingkungannya,” ujar koordinator pendidikan An Nizam yang juga menjabat sebagai Sekjend Dewan Pendidikan Sumut itu. ARG