MABIT " Malam Bina Iman & Taqwa"


Medan, 12 -13 November 2022

 

Dalam kurikulum 2013, pendidikan karakter menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, terlebih SMP Swasata An-Nizam sebagai Sekolah Penggerak yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Maka dari itu, sekolah diharuskan untuk membangun peserta didiknya supaya menjadi siswa yang berkarakter profil Pelajar Pancasila. 

Bagaimana caranya?

Ada banyak kegiatan yang dilakukan di  SMP Swasta An-Nizam, salah satunya adalah mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Iman dan Taqwa. Apa itu MABIT? Pernahkah kamu mendengar kegiatan ini? 

Secara garis besar, kegiatan ini fokus pada penguatan iman dan juga taqwa para siswa.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan MABIT bisa membantu siswa untuk meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi siswa yang berkarakter religius berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Lalu, apa itu MABIT?

Pengertian MABIT

Apa Itu MABIT? MABIT merupakan salah satu sarana tarbiyah untuk melembutkan hati, membina ruhiyah, membersihkan jiwa dan juga membiasakan fisik untuk beribadah.

Beribadah yang dimaksud di sini adalah shalat tahajud, dzikir, tafakkur dan tadabbur serta menghafal Al-qur'an. 

Program MABIT adalah shalat berjamaah, khatam al-Qur’an, Munaqhosoh tahfidz, sholat sunnah tahajud berjamaah, muhasabah, nonton film siroh nabi, doa bersama serta kultum oleh siswa ba'da sholat fardhu”.

Melalui kegiatan ini siswa dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, siswa diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual saja melainkan juga memiliki peran dan tanggung jawab kepada sesama manusia dan Allah SWT dengan baik.

          Kepala Sekolah Bapak Robin Ginting Memberikan Motivasi kepada peserta Mabit


Manfaat Kegiatan MABIT Untuk Siswa

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan siswa dari kegiatan MABIT. Apa sajakah manfaat tersebut?

1) Meningkatkan Iman dan Taqwa Para Siswa

Manfaat pertama dari kegiatan MABIT adalah untuk meningkatkan iman dan takwa para siswa.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang singkat, biasanya hanya 1 malam saja tetapi bisa sangat berpengaruh pada keimanan dan ketakwaan siswa yang mengalami peningkatan.

Barakah dan ketenangan jiwa akan menyadarkan siswa yang mengikuti kegiatan ini menjadi sadar sehingga banyak berubah ke arah yang lebih positif.

 

2) Menambah Hafalan Qur'an

Mengikuti kegiatan MABIT yang diadakan oleh pihak sekolah, siswa akan termotivasi  untuk menghafal al-quran karena masing masing ada target yang ditentukan. dan dengan kegiatan ini agar terbiasa untuk melaksanakannya dirumah. 

Jadi, siswa tidak hanya menghafal quran  ketika mengikuti acara ini saja, tetapi setelah pulang ke rumah  diharapkan setiap termotivasi menambah hafalannya.

3) Menumbuhkan Muhasabah atau Introspeksi Diri


 

Kegiatan MABIT akan memberikan banyak manfaat bagi siswa, salah satunya bisa menumbuhkan muhasabah atau introspeksi diri.

Siswa bisa intropeksi diri mengenai perilaku dan tutur kata yang selama ini kurang baik. Setelah itu, siswa akan termotivasi untuk memperbaiki diri sehingga bisa meningkatkan kualitas akhlaknya.

4) Berupaya untuk Menjadi Hamba yang Bertakwa

Setelah mengikuti kegiatan MABIT, siswa akan berupaya untuk menjadi hamba yang bertakwa.

Dimana siswa akan selalu taat menjalankan perintah Allah SWT dan mengerjakan amalan-amalan sunnah serta banyak berzikir dan berdoa. Selain itu, siswa juga akan menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.


 

5) Memiliki Kesempatan Melakukan Riyadhah

Manfaat berikutnya yaitu siswa memiliki kesempatan melakukan riyadhah atau latihan. Pada saat mengikuti kegiatan ini siswa dilatih untuk menjalankan sholat lima waktu di awal waktu serta menjalankannya secara berjamaah di masjid.

Selain itu, siswa juga akan terlatih untuk mengerjakan sholat sunnah, tidak hanya saat acara berlangsung saja tetapi dilakukan pada hari-hari berikutnya.


 

6) Lebih Menghargai Waktu

Mengikuti acara MABIT, siswa juga akan dilatih untuk mengatur waktu dengan baik. Ada waktu untuk beribadah kepada Allah SWT dan kapan waktunya untuk berbuat atau berperilaku untuk kepentingan dunia. Dari sini nantinya siswa akan lebih menghargai waktu supaya lebih produktif.

Untuk peserta Munaqoshoh kali ini hanya 5 orang,  karena sebelumya sudah dilakukan munaqoshoh di Aula Perguruan Islam An-Nizam. Semoga siswa yang di munaqoshoh lulus dan dapat melanjutkan untuk juz yang lain.  



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar