Kiat Tetap Semangat Belajar Di Bulan Ramadhan 1442 H


Medan, Selasa 13 April 2021 Hari ini kita sudah mulai untuk menjalankan ibadah yang sangat mulia bagi umat muslim di seluruh dunia, yaitu menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa ramadhan sangat dinanti-nanti oleh umat muslim karena di bulan yang suci ini semua amal kebaikan dilipat gandakan. 

 


Meskipun dalam keadaan berpuasa semangat tidak boleh menurun, justru semua kativitas yang kita lakukan di bulan puasa diniatkan untuk ibadah agar mendapatkan pahala berlipat. Menunut ilmu atau aktivitas belajar pun suatu tindakan yang sangat terpuji, karena dengan meuntut ilmu atau belajar kita akan mampu meraih prestasi yang akan membahagiakan orang tua.   

Tips Belajar di Bulan Puasa

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi saat sahur

Banyak orang yang tidak memperdulikan masalah makanan yang bergizi saat sahur, padahal makanan bergizi bisa membantu kamu untuk bisa lebih kuat dan bertenaga dalam menjalankan ibadah puasa sehingga puasa kamu menjadi lancar dan tidak mudah lelah.

Untuk mendapatkan makanan yang bergizi tidak harus mahal, misalnya tahu, tempe, telur, sayur, dll. Saya rasa makanan tersebut paling gampang ditemukan dalam keseharian kamu. Dan alangkah baiknya lagi kamu meminum susu agar kamu lebih fit lagi saat puasa.

Jika kamu mengkonsumsi makanan yang bergizi tentu akan menambah semangat kamu dalam berpuasa dan semangat juga dalam belajar.

2. Banyak minum air putih pada saat sahur

Agar kamu tidak dehidrasi saat berpuasa dan kamu terhindar dari dehidrasi alangkah baiknya kamu meperbanyak untuk meminum air putih agar tubuh kamu tidak kekurangan air yang dapat menyebabkan kamu dehidrasi, yang menyebabkan kamu lemas saat puasa dan sering merasakan haus itu tandanya tubu kamu kekurangan ion hidrogen yang menyebabkan dehidrasi.

3. Jangan tidur setelah sahur

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh sebagian besar orang yang sedang berpuasa, mungkin kamu juga sering melakukan hal ini. Seringkali jika kalian tertidur setelah sahur terkadang suka kelewatan untuk melaksanakan shalat subuh, makanya lebih baik jangan sampai tertidur setelah sahur.  

Usahakan tahan rasa ngantuk kamu agar tetap menunggu hingga menjelang imsak atau adzan subuh untuk melakukan shalat berjamaah di masjid, dan sepulang dari masjid kamu bisa jalan-jalan pagi untuk menghirup udara segar. Dan kamu bisa memanfaatkan waktu pagi menjelang berangkat ke sekolah untuk belajar sambil mebaca buku pelajaran kamu.

Kebiasaan seperti ini jauh lebih positif ketimbang kamu menghabiskan waktu untuk tidur di pagi hari, karena tidur di pagi hari bisa mempersulit pintu rizki lho. Selain itu kamu akan merasa malas untuk belajar.

4. Istirahat secukupnya

Pulang sekolah sebaiknya kamu manfaatkan dengan baik untuk kegiatan yang positif. Jika kamu pulang siang menjelang shalat suhur, kamu bisa mengerjakan shalat terlebih dahulu kemudian kamu bisa memanfaatkan waktu kamu untuk beristirahat sejenak agar tenaga kamu bisa pulih.

Biasanya jam siang apalagi di saat bulan puasa mungkin akan terasa melelahkan, sehingga alangkah baiknya kamu manfaatkan untuk istirahat agar tenaga kamu bisa pulih dan kamu bisa semangat belajar setelah bangun.

5. Atur waktu belajarmu agar tidak mudah bosan

Bekerja saat berpuasa memang agak lebih berat dari hari biasa. Tapi yakinlah, ibadah bukan hanya puasa, salat, dan bersedekah. Selama pekerjaanmu halal dan bertujuan baik, pekerjaanmu juga ibadah. Karena itu, berusahalah untuk tidak merasakan rasa lapar, kantuk, dan lelah. Fokus pada pekerjaan. Yakini kalau bekerja dengan tekun juga termasuk ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar