Pembelajaran Menyenangkan


Praktikum





Perguruan Islam An -Nizam di lengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung proses KBM setiap harinya. Laboratorium termasuk fasilitas yang selalu digunakan oleh guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

Praktikum mempunyai tiga tujuan, yaitu:
# Ketrampilan kognitif, ketrampilan afektif dan ketrampilan psikomotorik. Pada ketrampilan kognitif siswa dapat melatih diri agar teori dapat dimengerti, teori yang berlainan dapat diintegrasikan serta dapat menerapkan teori pada keadaan nyata.
# Ketrampilan afektif bertujuan agar siswa dapat belajar merencanakan kegiatan secara mandiri, kerjasama, menghargai dan mengkomunikasikan informasi mengenai bidangnya.
# Ketrampilan psikomotorik bertujuan untuk menyiapkan alat-alat, memasang serta memakai instrumen tertentu. 

Keterampilan-keterampilan yang dapat dilatih dan dikembangkan dalam kegiatan praktikum adalah:
  1. Menganalisis problema
  2. Mengumpulkan informasi 
  3. Menyusun hipotesis
  4. Mengevaluasi data
  5. Menarik kesimpulan
  6. Melaporkan hasil praktikum 
Waktu melakukan praktikum, sikap ilmiah dapat dicapai dengan melaksanakan kegiatan yang bersifat mandiri, yang tidak perlu dikontrol ketat oleh guru. Nilai intelektual dapat dicapai dengan banyak latihan di laboratorium dengan prosedur ilmiah. Nilai emosional, rasa ingin tahu, kreatifitas, tidak putus asa pada waktu gagal dapat dikembangkan dalam kegiatan laboratorium secara bebas. Laboratorium merupakan suatu tempat untuk melakukan percobaan dan penyelidikan dilakukan. Dengan metode praktikum yang digunakan di harapkan siswa belajar mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. ARG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar