Tips Menghadapi Ujian


 1. Siapkan Suasan Belajar yang nyaman ala kamu sendiri 

 
Tentu persiapan yang paling utama sebelum menghadapi ujian adalah belajar. Dalam melakukan persiapan ini, Ananda harus menciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar, agar tidak mengganggu konsentrasi ananda. Jangan sampai aktivitas belajar ananda mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Hal ini mengingat bahwa masing-masing diri kita memiliki gaya belajar sendiri-sendiri, nah kamu harus menyesuaikan dengan diri kamu sendiri ya! Misalnya, kamu bisa belajar di luar ruangan dengan suasana yang fresh dan tenang atau kamu bisa juga belajar sambil mendengarkan alunan musik yang sesuai dengan mood kamu sendiri.

2. Pilih Waktu Belajar yang Tepat dan Terencana


 

Tentu tidak semua orang mempunyai waktu belajar yang sama. Pilihlah waktu belajar yang tepat disesuaikan dengan ketersediaan waktu yang kamu miliki. Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat tubuh kita masih segar. Biasanya saat pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh.

Selain memilih waktu belajar yang tepat, kamu juga harus merencanakan waktu belajar yang terstruktur. Waktu belajar yang sudah terencana dengan baik, harus dilakukan dengan konsisten lho ya! Misalnya, setelah belajar materi yang pertama, lanjut ke materi yang kedua. Selang istirahat dan makan, lanjut lagi materi yang ketiga.

Persiapkan dengan matang dari jauh hari sebelum waktu ujian akan lebih efektif daripada harus belajar sehari sebelumnya atau yang sering dikenal dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Fokuslah terlebih dahulu pada materi yang kurang dikuasai. Buatlah rencana waktu belajar yang realistis ya!

3. Menjaga Kesehatan dan Sarapan Pagi

Terkadang banyak diantara kita yang melupakan waktu untuk beristirahat. Padahal, salah satu persiapan yang baik sebelum menghadapi ujian adalah istirahat, mengistirahatkan otak dan tubuh kita. Belajar yang diforsir dan terlalu memaksakan kapasistas otak dan tubuh sangatlah tidak baik. Oleh karena itu, istirahat disela-sela waktu belajar sangatlah baik untuk menghilangkan pikiran yang sudah suntuk. Setelah istirahat, tubuh akan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi-materi yang akan dipelajari selanjutnya untuk menghadapi ujian.

Selain beristirahat yang cukup, persiapan yang tidak kalah penting adalah sarapan pagi. Untuk menghadapi ujian, sangatlah diperlukan energi yang banyak untuk berpikir. Salah satunya dengan sarapan pagi sebelum ujian ya! 

4. Berdoa dan minta doa restu orang tua  

Berdoa sangatlah penting. Perbanyaklah doa kepada Tuhan Maha Segalanya. Mohonlah petunjuk dan dilancarakan oleh-Nya saat menghadapi ujian nanti. Semoga Allah selalu membersamai setiap hamba-Nya yang memohon pertolongan. “Bersemangatlah atas apa yang bermanfaat bagimu, minta tolonglah pada Allah SWT, janganlah engkau lemah.” (HR. Muslim).

Selain itu, salah satu doa yang paling mujarab adalah doa dari kedua orang tua kepada anaknya. Mintalah restu kepada orang tua kamu agar dilancarkan menghadapi ujian. Hal ini dapat menjadi semangat dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar